Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Saja yang Bisa Menjadi Programmer? Mari Lihat, Apakah Anda Juga Bisa?

siapa-saja-yang-bisa-menjadi-programmer

Ketika menyebutkan kata programmer, maka yang terpikirkan pertama kali adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer Sehingga muncul persepsi bahwa untuk menjadi seorang programmer harus memiliki latar belakang IT atau paling tidak menguasai segala macam persoalan terkait komputer. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah. Sebab sering kita jumpai umumnya para programmer adalah orang-orang dari lulusan IT. Namun tidak sedikit pula programmer yang berasal dari non-IT.

Intinya siapapun dapat menjadi programmer. Modal dasarnya hanyalah pengetahuan dasar tentang komputer, minimal mampu mengoperasikan komputer. Sisanya adalah dengan proses belajar yang baik dan tekun.

Di era ini, telah menjamur panduan (tutorial), dokumentasi, bahkan pelatihan-pelatihan baik secara gratis maupun berbayar yang akan membantu kita untuk belajar bahasa pemrograman. Sehingga hampir setiap orang mempunyai peluang untuk belajar bahasa pemrograman. Hal yang perlu ditanamkan sebelum memutuskan untuk belajar bahasa pemrograman adalah keinginan kuat untuk belajar, karena belajar pemrograman tidak sesulit yang kamu bayangkan tapi juga tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Selain tentang latar pendidikan, umumnya usia juga kadang menjadi isu bagi pembelajar pemrograman. Jika kita berpikir bahwa seorang programmer pastilah seorang sarjana komputer atau seorang insinyur, atau orang dewasa yang sudah cukup matang pemikirannya, kenyataannya ternyata tidak mesti demikian. 

Di internet dan media sosial bertebaran informasi tentang anak-anak yang berprestasi menghasilkan aplikasi buatannya sendiri, hingga orang tua yang beralih profesi dari petani menjadi programmer. Ada juga bahkan kisah tentang pria homeless yang diajari pemrograman dan akhirnya menjadi seorang programmer mobile. 

Artinya siapapun dapat mempelajari pemrograman dan berkarir di bidang ini. Pembahasan selanjutnya tinggal bagaimana dia mau belajar dengan sungguh-sungguh dan fokus hingga hasil belajarnya dapat dipetik.

Posting Komentar untuk "Siapa Saja yang Bisa Menjadi Programmer? Mari Lihat, Apakah Anda Juga Bisa?"