Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Untungnya Menguasai Pemrograman?

apa-untungnya-menguasai-pemrograman

Seseorang yang pandai dan mampu menguasai bahasa pemrograman komputer tentunya memiliki banyak manfaat tersendiri, baik dari segi komersial maupun non-komersial. Tapi, apa saja manfaat dari menguasai pemrograman? berikut pembahasannya.
Setiap orang harus belajar pemrograman komputer, karena pemrograman akan mengajarkanmu bagaimana cara berpikir. Steve Jobs
Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pemrograman memiliki peran sangat penting. Belajar pemrograman menawarkan peluang kepada siapapun untuk terlibat langsung dalam perkembangan teknologi. Adapun keuntungan yang akan kita dapatkan ketika mempelajari pemrograman adalah:

Berpikir dengan cara yang berbeda:
Ketika belajar pemrograman, Kamu belajar bagaimana memecahkan masalah menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah diselesaikan. Potongan-potongan kecil tersebut kemudian dibuatkan programnya dengan menggunakan bahasa yang dipahami komputer sehingga komputer dapat menyelesaikan solusi dengan lebih cepat dan berulang.

Berdampak positif pada karir:

Salah satu pencapaian dalam hidup yang harus dicapai adalah pertumbuhan karir yang terus menanjak. Belajar pemrograman membantu Kamu untuk mencapainya melalui banyak jalan dan peluang.

Menghasilkan lebih banyak uang:

Kesuksesan finansial merupakan tujuan penting bagi banyak orang, dan belajar pemrograman bisa memiliki dampak yang signifikan dengan munculnya banyak peluang yang sebelumnya tidak terlihat.
Membawa idemu ke kehidupan nyata: Terkadang kita memiliki gagasan tentang perbaikan hidup dari aspek manapun, misalnya: kehidupan pribadi, lingkungan kerja atau dari sudut pandang global. Akan tetapi untuk mewujudkan hal ini, kita kekurangan dukungan teknologi untuk mentransformasikan gagasan tersebut secara akurat menjadi proyek nyata yang dapat dilihat. Maka dengan belajar pemrograman Kamu dapat mengaplikasikan sendiri gagasan Kamu ke dalam bentuk aplikasi.

Menjadi lebih percaya diri:

Salah satu bentuk perasaan terbaik yang diharapkan adalah dengan mengetahui bahwa kamu telah mencapai sesuatu yang hebat atau memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu yang sangat kompleks. Dengan belajar pemrograman memberikan Kamu peluang untuk mendapatkan hal tersebut.

Gambar: Bagan manfaat belajar pemrograman

Dengan belajar pemrograman, Kamu akan belajar tentang konsep yang sangat berharga, terlepas apakah Kamu akan terus berkarir di bidang ini atau tidak. Satu hal yang akan Kamu temukan nanti adalah fakta bahwa komputer itu sangat bodoh, tapi taat. Komputer tidaklah pintar, ia hanya dapat mengerjakan sesuatu yang berulang dengan sangat cepat. Ia akan melakukan apapun yang Kamu instruksikan sesuai keinginan Kamu.

Tapi hal yang paling penting untuk Kamu tanamkan dalam diri saat belajar pemrograman adalah bahwa belajar pemrograman itu menyenangkan. Dengan sugesti positif, Kamu akan dapat menikmati proses belajar dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Posting Komentar untuk "Apa Untungnya Menguasai Pemrograman?"