Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan Bahasa Pemrograman?

apa-yang-dimaksud-dengan-bahasa-pemrograman

Pasti pernah dong mendengar bahasa pemrograman? tapi, apakah anda sudah tahu makna sebenarnya dari bahasa pemrograman? jika belum, anda bisa membaca beberapa pemaparan dan penjelasan sederhana berikut ini.

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan perintah, instruksi dan penggunaan sintaks lainnya untuk membuat sebuah program. Bahasa pemrograman menjadi elemen penting yang harus diketahui, sebab bahasa pemrograman menjadi perantara antara programmer untuk berkomunikasi dengan komputer.

Bahasa pemrograman itu sendiri digolongkan menjadi beberapa bagian, diantaranya : machine language atau bahasa mesin, assembly language, dan high-level language atau bahasa tingkat tinggi.

Bahasa mesin adalah bahasa yang dapat dipahami oleh komputer secara langsung, direpresentasikan dalam bentuk kode biner atau 0 dan 1. Assembly language atau bahasa assembly adalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level language) yang dapat digunakan oleh programmer untuk menuliskan instruksi pada komputer.

High-level language atau bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang lebih dekat ke bahasa manusia dibanding bahasa pemrograman tingkat rendah, sehingga lebih mudah dipelajari, ditulis dan dibaca ulang. Baik high-level language maupun low-level language akan perlu dikompilasi terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dipahami oleh komputer.

perbandingan contoh kode dari tiap level bahasa
Gambar: Contoh bentuk kode program

High-level language memungkinkan programmer untuk menulis kode secara lebih alami dengan menggunakan kata dan simbol yang logis. Misalnya, untuk kata seperti: function, while, if, dan lain sebagainya yang banyak digunakan dalam bahasa pemrograman.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Bahasa Pemrograman?"