Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?

bahasa-pemrograman-apa-yang-harus-dipelajari


Umumnya orang yang baru mau belajar pemrograman akan dihadapkan pada pertanyaan "bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari terlebih pertama kali?". Terlebih lagi karena bahasa pemrograman yang tersedia sudah sangat banyak.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan hendak membuat aplikasi jenis apa. Semisal Kamu ingin membuat jenis aplikasi web, desktop, atau mobile. Kamu kemudian mesti mencari informasi tentang bahasa pemrograman apa saja yang tersedia untuk jenis yang dipilih. 

Namun bila Kamu masih bingung menentukan hendak membuat aplikasi apa, karena Kamu benar-benar pemula di pemrograman, maka ada beberapa pertimbangan yang dapat menjadi referensi sebelum Kamu memutuskan hendak mempelajari bahasa pemrograman yang mana dulu, diantaranya:

Bila kita menimbang dari sudut pandang kemudahan dalam penulisan sintaks, Kamu dapat memilih bahasa pemrograman Python. Selain karena Python juga dapat digunakan untuk membuat beragam aplikasi diantaranya web, desktop, game, mobile Android, dan untuk kebutuhan komputasi berat seperti analisis data dan machine learning. Python juga dapat digunakan untuk memprogram hardware atau mikrokontroller.

Bila kita menimbang dari sudut pandang tren penggunaan, maka yang paling marak digunakan sekarang adalah JavaScript. Dahulu JavaScript hanya tersedia sebagai bahasa pemrograman di sisi client (hanya berjalan di browser). 

Namun sekarang JavaScript sudah berevolusi dan hadir di berbagai platform. Kamu dapat membuat aplikasi web untuk sisi klien dan server sekaligus, aplikasi desktop, game, dan juga mobile.

  • Bila kita menimbang kemudahan infrastruktur, maka PHP masih menjuarai lahan ini. PHP dipercaya masih menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. PHP didesain khusus untuk membuat aplikasi web. Bila Kamu menggunakan PHP, Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan hosting dengan biaya yang sangat terjangkau.
  • Bila Kamu menyasar pasar enterprise, Java masih cenderung dominan. Java dikenal sangat kuat untuk membuat aplikasi skala besar seperti ERP dan sistem informasi dan umumnya digunakan di perusahaan-perusahaan besar. Selain itu Java juga menjadi bahasa pemrograman utama untuk membangun aplikasi mobile Android.
  • Bila kita menimbang konseptual pemrograman, maka C adalah pilihan bijak. Semua konsep pemrograman dari yang paling dasar akan Kamu temui di bahasa C. C merupakan bahasa tingkat tinggi yang paling cepat dan paling dekat ke bahasa mesin. Dari sisi optimasi produk akhir, aplikasi yang dikembangkan langsung dari bahasa C akan sangat efisien. Kampus-kampus IT umumnya menggunakan C untuk mengenalkan pemrograman. Hanya saja untuk mencapai produk akhir, C tidak lebih mudah dibanding bahasa yang disebutkan sebelum ini.

Kesimpulannya, untuk pilihan paling mudah tanpa banyak pertimbangan, kami sarankan untuk mulai belajar dari bahasa pemrograman JavaScript atau Python.

Sebagai tambahan referensi, Kamu dapat menelusuri infografis di bawah ini untuk gambaran umum tentang tema yang sedang kita bahas ini.

Ilustrasi cara mulai memilih bahasa pemrograman


Gambar: Ilustrasi cara memilih bahasa pemrograman untuk dipelajari

Posting Komentar untuk "Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?"